Selasa, 04 September 2012

Berdikari Ngebet Bikin Inovasi Teknologi



PT Berdikari yakin temuan inovasi teknologinya bisa meningkatkan kandungan kesuburan tanah. Sehingga, pada gilirannya akan mendongkrak produksi padi petani domestik. "Kami sebagai BUMN berperan menjadi jembatan proses inovasi teknologi yang dapat diserap oleh petani, "ujar Direktur Utama PT Berdikari, Librato El Arief usai menekan naskah kerja sama Formula Insektisida Biotris Cair dan Formula Kompos Biopestisida Gliocomposit dengan Badan Litbang Pertanian di Jakarta, kemarin.


Sementara sekretaris Balitbang Pertanian Mappaona menyatakan, hasil penelitian harus berdifat aplikatif. Dia bersyukur, Berdikari sudah mampu mengaplikasian inovasi teknologi terserbut.

Insektisida Biotris Cair dan Kompos Biopestisida Gliocomposit produksi Badan Litbang Pertanian merupakan temuan inovasi teknologi terbaru Temuan ini diklaim bisa meningkatkan kesuburan tanah serta hasil produksi pertanian.

"Selama ini, insektisida atau pembasmi hama tanaman berasal dari bahan kimia yang tidak ramah lingkungan. Namun, insektisida biotris Cair itu inovasi pembasmi hama baru yang ramah lingkungan serta terbuat dari bahan organic, "cetus Mappoana seraya menambahkan kompos biopestisida berfungsi mempercepat penyerapan pupuk terhadap tanaman.

Naskah kerja sama antara Balitbang Pertanian dan Berdikari ditandatangani oleh Librato El Arief, Kepala Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar Dr. Rubiyo, Kepala Balai Tanaman Hias Dr. Insinyur Muchdar Soedarjo disaksikan oleh Sekretaris Balitbang, Dr Mappoana dan Kepala Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian.

Sebelumnya PT. Berdikari telah bekerjasama dengan Balitbang Pertanian dalam pengembangan benih Jagung berprotein tinggi. "Selain untuk faktor bisnis meningkatkan keuntungan bagi Negara, kami sebagai BUMN juga berperan mensejahterakan masyarakat, salah satunya dengan pengembangan jagung berprotein tinggi yang sangat baik sebagai panganan, "ujar Librato.

Diakui Mappoana, pihaknya sangat intens bermitra dengan Badan Usaha, baik Swasta maupun BUMN. Berdikari sendiri, diakui sangat aktif berperan dalam penggunaan inovasi teknologi. -MAF-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar